Menjadi Penulis itu Mudah


Menulis itu Mudah

Oleh: Iqbal Maulana

Menulis adalah hal yang mudah dilakukan bagi mereka yang memiliki tekad dan kemauan untuk memulai menulis.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), menulis berasal dari kata dasar tulis, yaitu membuat huruf/angka dengan pena. menulis dapat pula diartikan sebagai kegiatan yang dapat melahirkan pikiran atau perasaan. seperti mengarang puisi, cerpen dan karya tulis lainnya.
Pepatah klasik mengatakan bahwa "write is wrote" menulis adalah menulis. maksudnya adalah jika kamu ingin menulis iya tulis apa yang kamu ingin tulis. Bukan hanya angan-angan yang tak pernah dipraktikkan.
setiap individu pasti mempunyai bakat menulis, hanya saja tidak semua individu mau memulai untuk mempraktikkan buah pikirannya dalam sebuah tulisan.
Menurut Dody Riyadi HS, Ketua P3M Sekolah tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ya'mal Tangerang, Mengungkapkan bahwa dalam menulis hilangkan pikiran takut salah, khawatir tidak relevan atau takut tidak dapat diterima oleh pembaca. Hilangkan ketakutan itu semua. yang harus kamu lakukan adalah memulainya!
Beliau melanjutkan bahwa, di dalam menulis cobalah untuk memperbanyak membaca jurnal yang terindeks dan sumber bacaan yang berkualitas. Hal tersebut akan menjadi faktor bertambahnya keterampilan kita dalam menulis suatu tulisan yang baik.
Menulis adalah refleksi dari apa yang kita baca. oleh karena itu sebelum menulis sangat disarankan untuk dapat menemukan ide-ide dan gagasan yang baik, yang didapat dari membaca buku/jurnal. Kemudian dari hasil bacaan tersebut dikembangkan dalam sebuah karya tulisan kita.
Ide merupakan hal inti dalam sebuah tulisan. temukan ide dalam setiap waktu yang kau jumpai. Terkadang ide juga muncul secara tiba-tiba dari apa yang kita lihat saat ini, dan bisa melalui kejadian yang berasal dari kehidupan sehari-hari kita/ pengalaman hidup.
Bagi penulis pemula, diharapkan untuk dapat mencatat ide apa saja yang  ditemui. kemudian mulai untuk menuliskannya dalam buku catatan kecil atau gadget yang  dipakai.
Demikian cara mudah untuk menjadi penulis, tidak perlu berbekal lebih. cukup membaca, kemudian refleksikan hasil bacaan yang didapat ke dalam sebuah tulisan. Ya tentu dengan bahasa sendiri yang kita gunakan dan tetap mencantumkan sumber dari hasil bacaan kita.

Good Luck!!!

2 comments:

  1. Suatu inspirasi, yang membuat saya mencoba untuk belajar menulis..

    ReplyDelete
  2. semangat terus.. gunakan waktu mudamu dengan sebanyak-banyaknya menebar kebermanfaatan bagi orang lain.
    hidup kita di dunia ini akan berakhir, namun tulisan kita akan kekal abadi. seperti para ilmuan terdahulu yang dapat menghasilkan karya walaupun telah tiada, namanya akan tetap abadi di kenang sepanjang masa.

    ReplyDelete