Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19


Oleh: Iqbal Maulana

Peran orang tua dalam membina akhlak peserta didik
Pelatihan Peran orang tua

Pendidikan adalah hal utama yang menjadi pondasi dalam kehidupan seorang anak. tugas orang tua dalam mendidik anaknya adalah kewajiban yang harus ditunaikan, agar kelak seorang anak akan tumbuh dan berkembang menjadi seorang yang baik.

Peran orang tua menjadi hal yang vital yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. seorang Ibu di dalam sebuah keluarga menjadi tokoh utama dalam pendidikan dan pembentukan karakter seorang anak. sebagaimana hadis nabi mengatakan bahwa 'al-ummu madrasatul 'ula' artinya seorang ibu adalah madrasah pertama bagi pendidikan seorang anak.

lima pilar pendidikan di Indonesia yang kita kenal yaitu empat pilar yang berasal dari UNICEF dan 1 pilar  yang diambil dari Islam. yaitu: 

1). Learning to know, artinya adalah belajar untuk mengetahui apa yang belum diketahui oleh seseorang. baik anak yang baru lahir ke dunia sampai dewasa/tua. karena di dalam Islam perintah menuntut ilmu itu diwajibkan atas setiap muslim dan tidak ada batasan usia.

2). Learning to do, artinya belajar untuk dapat melakukan sesuatu hal ynag dapat bermanfaat baik untuk dirinya sendiri, maupun untuk orang lain. dengan belajar seseorang dapat memberikan kebermanfaatan kepada sesama. sehingga tujuan dari muslim dapat terwujud, yaitu menjadi manusia yang bermanfaat bagi muslim lainnya.

3). Learning to be, yaitu belajar dapat menjadikan seseorang menjadi apa yang dia inginkan, dapat menjadi seorang ahli dalam suatu bidang ilmu pengetahuan dan juga dapat menciptakan suatu barang atau jasa yang dapat digunakan oleh orang lain.

4). Learning to live together, maksudnya adalah dengan belajar maka seseorang dapat menjalankan kehidupan di dunia ini dengan dapat bersama-sama membina keharmonisan antar sesama manusia, dengan memberikan kebermanfaatan dan kebaikan yang dapat ia lakukan, yang didapat dari proses belajar. dan 

5). Mewujudkan manusia yang beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah. sesuai dengan syariat Islam yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, yaitu Beliau diutus ke muka bumi untuk menyempurnakan akhlak, maka dari itu proses pendidikan dan pembelajaran memiliki tujuan utama yaitu menciptakan generasi emas Islam yang beriman, betakwa dan memiliki karakter yang baik (berkahlak mulia).

kelima pilar di atas didapatkan dari proses belajar melalui pendidikan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. ketiga faktor tersebut harus sama-sama baik dan berkesinambungan. sebab tanpa adanya dukungan dari ketiga faktor lingkungan tersebut, seorang anak akan mudah terjerumus ke dalam akhlak tercela (jika salah satu lingkungan buruk).

oleh sebab itu, sebagai orang tua kita harus memiliki habbit dan selalu menanamkan hal-hal yang baik kepada anak. karena itu akan menjadi teladan bagi anak, sehingga hal baik yang diajarkan tersebut akan membekas dan menjadi kebiasaan yang akan dibawa sampai dia dewasa.

wallahu a'lam

No comments:

Post a Comment