Apa itu Introvert To Ekstrovert?


introvert to ekstrovert

 Oleh: Iqbal Maulana

Menurut ilmu psikologi, kepribadian manusia itu terbagi ke dalam tiga tipe, yaitu: introvert, ekstrovert dan ambivert.

Pertama, introvert adalah keadaan psikologis seseorang, di mana dia lebih suka menyendiri, sulit bergaul, pemalu dan pendiam.

Kedua, ekstrovert adalah psikologis seseorang yang memiliki kepribadian mudah bergaul, mudah adaptasi, suka bersosialisasi, periang dan hangat.

Ketiga, ambivert adalah keadaan seseorang yang memiliki kepribadian sesuai situasi dan kondisi, terkadang dia sangat pendiam dan di sisi lain dia sangat adaptif (mudah bergaul dan bersosialisasi).

Lantas bagaimana cara untuk memudahkan seseorang agar dapat menjadi manusia yang mudah adaptasi dan bersosialisasi antara sesama manusia?

iya sudah seharusnya kita sebagai manusia sosial harus saling berkomunikasi antar sesama, selain untuk menjalin hubungan baik antar individu, berkomunikasi juga dapat memberikan manfaat berupa saling tukar pendapat dan bertukar pikiran.

namun demikian ada beberapa masalah yang dihadapi bagi seseorang yang memiliki kepribadian introvert.

sebenarnya jiwa introvert dapat dirubah dengan cara mencoba dan berlatih berkomunikasi dengan orang lain, tidak minder dan selalu percaya diri dalam berkomunikasi yaitu dengan menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan, agar kita tidak mudah terputus/berhenti berkomunikasi dengan lawan bicara.

berdasarkan wawancara dengan beberapa narasumber diketahui bahwa, introvert dapat terjadi ketika bertemu dengan orang asing yang belum mereka kenal. 

kemudian introvert juga terjadi karena kurangnya pengetahuan berkomunikasi yang baik, pemalu, enggan memulai komunikasi, kurangnya wawasan dan sikap minder atau tidak percaya diri.

menurut beberapa narasumber, untuk meningkatkan percaya diri dan menghilangkan rasa minder ketika bertemu dengan orang asing adalah:

1. menambah wawasan diri

2. bertegur sapa dan memulai berkomunikasi dengan ramah dan sopan, yaitu dengan menanyakan nama, tempat tinggal dan hobi.

3. tersenyum dan tatap lah mata lawan bicara ketika melakukan komunikasi.

4. sesekali diselingin dengan lelucon/gurauan untuk mencairkan suasana.

5. banyak berlatih di depan cermin untuk melihat diri kita dan meningkatkan percaya diri.

jadi, introvert dapat dirubah oleh individu itu sendiri. jangan takut dan terus tingkatkan percaya diri kita, dengan demikian kita dapat dengan mudah merubah dari pribadi introvert kepada ekstrovert.

selamat mencoba.

Good Luck


No comments:

Post a Comment